Vaksin Moderna Tiba di Kabupaten Cirebon, Tapi Masih Kurang

Vaksin Moderna Tiba di Kabupaten Cirebon, Tapi Masih Kurang

CIREBON - Tenaga kesehatan (nakes)di Kabupaten Cirebon siap dibooster vaksin dosis tiga. Kemarin, vaksin Moderna sudah datang dan kini berada di gudang farmasi.

Kepala Seksi Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dinkes Kabupaten Cirebon Damiri SKM mengatakan jumlah vaksin Moderna yang datang Jumat (6/8/2021) sebanyak 477 vial yang rencananya diperuntukan untuk 6.672 tenaga kesehatan.

\"Sudah datang dari Provinsi, vaksin moderna yang kita terima sebanyak 477 vial, langsung kita simpan diruang penyimpan vaksin,\" ujarnya.

Diterangkannya, sebenarnya jumlah vaksin yang diusulkan untuk booster tersebut untuk nakes sebanyak 10.355 yang ada di Fasyankes baik rumah sakit maupun puskesmas. Namun yang dikir dari provinsi baru untuk 6.672 nakes atau sebanyak 477 vial.

\"Kalau dilihat jumlah usulan jelas kurang karena usulannya sekitar sepuluh ribu lebih, untuk jadwal pemberian vaksinnya masih belum kita terima, tapi yang jelas dalam waktu dekat,\" imbuhnya.

Ada beberapa perlakuan khusus yang harus dilakukan untuk menjaga vaksin tersebut salah satunya harus disimpan dalam suhu beku minus 15 sampai 20 derajat. Selain itu vaksin tersebut tidak boleh kena guncangan keras.

\"Pada waktu pemberian pun ketika ada gelumbung udara maka harus dimasukan kembali kebotol vaksin secara perlahan,\" bebernya.

Nakes yang akan divaksin sendiri sambung Damiri adalah nakes yang sudah mendapat vaksin dosis dua. Artinya nakes yang belum mendapat dosis dua belum bisa diberikan booster.

\"Ini dosis ketiga, yang belum disisi dua belum bisa, untuk tahap ini baru untuk tenaga kesehatan, khusus tenaga kesehatan,\" ungkapnya. (dri)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: